Mengaktifkan USB Debugging dan memunculkan menu Developer options pada android

Tutorial Tutorial Android

Salah satu komunikasi antar perangkat digital yang umum dan mudah digunakan saat ini adalah dengan menggunakan kabel USB. Tinggal colokkan kabel USB nya pada ke dua perangkat, misalkan smartphone android dan laptop, lalu transfer data yang diinginkan. Pada versi android yang lain kita diminta untuk klik “Turn On USB Storage” pada jendela popup.

Namun pada beberapa koneksi USB perangkat android, dibutuhkan pengaktifan USB Debugging. USB Debugging, sederhananya adalah koneksi USB antara android dengan laptop/PC yang membawa kita ke level yang lebih dalam. Bukan sekedar untuk transfer data saja. Misalkan pada koneksi android dengan laptop/PC menggunakan aplikasi PC Link. Koneksi ini membutuhkan pengaktifan USB Debugging.

Ada beberapa cara mengaktifkan USB Debugging berdasarkan versi androidnya. (Yang dalam kurung versi bahasa Indonesia bagi yang perangkat androidnya di stel menggunakan bahasa Indonesia).

1. Pada Android 2.3

Settings (Setelan) > Applications (aplikasi) > Development (pengembang)> USB Debugging (Debugging USB)

2. Pada android 4

Settings (Setelan) > Developer options (opsi pengembang) > USB Debugging (Debugging USB)

3. Pada android 4.2 ke atas

Pada android versi ini, menu “Developer options” (opsi pengembang)-nya di sembunyikan. Untuk mengaktifkannya ikuti langkah beikut:

  • Masuk ke menu Settings (Setelan) > About (Tentang), Letak menu About (Tentang) biasanya di Menu Setting (Setelan) paling bawah.
  • Pada Menu About (Tentang), cari dan masuk ke menu Build number (Nomor bentukan). Biasanya terdapat di menu Software information (Informasi software).
Build Number pada Asus Zenfone
Mengaktifkan fungsi Opsi Pengembang (Developer Options)

Tap (Klik) “Build number (Nomor bentukan)” sebanyak 7 kali. Pada beberapa tap pertama akan muncul popup “you are now 4 step away for being developer” (4 klik lagi jadi pengembang) teruskan tap 4 kali menu Build Number (Nomor bentukan) dan setelah selesai akan muncul popup pemberitahuan “you are now a developer” (sekarang anda pengembang).

Sekarang periksa kembali di menu Settings (Setelan) apakah menu Developer options (Opsi pengembang) sudah muncul. Jika sudah muncul masuk ke menu Developer options (Opsi pengembang) dan aktifkan USB Debugging (Debugging USB) dengan cara tap / klik area USB Debugging sepeti gambar berikut.

https://i2.wp.com/de-tekno.com/wp-content/uploads/2015/04/developer-options-3.jpg
Mengaktifkan USB Debugging pada Developer options

Selesai sampai disini. Sekarang Developer options kemudian USB Debugging nya sudah aktif dan bisa akses kapanpun.

Catatan:
Seharusnya USB Debugging hanya diaktifkan disaat dibutuhkan saja. Membiarkannya dalam keadaan terus aktif akan memberi kesempatan pihak ketiga mengakses lebih jauh ke perangkat android anda atau menginstall malware.

USB Debugging berada di dalam menu Developer options. Jika ingin me-non aktifkan USB Debugging saja, tinggal tap USB Debugging hingga hilang tanda centangnya. Atau sekaligus me-nonaktifkan fungsi Developer option-nya dengan cara tap bagian OFF -nya. Jika menu Developer Optionsnya tidak aktif, USB Debugging juga tidak aktif.

Sumber: https://de-tekno.com/2015/04/mengaktifkan-usb-debugging-dan-memunculkan-menu-developer-options-pada-android/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *